RESEP PINDANG IKAN PATIN TERLEZAT! SKUY KEPOIN!!!

PINDANG IKAN
PINDANG IKAN 
https://bijikopibapak.blogspot.com/ - Bertandang ke Sumatra Selatan, rasanya tidak asing lagi menemukan sekian banyak  olahan ikan patin di sana. Begitupun resep legendaris yang satu ini sebenarnya bisa kita jajaki sendiri di rumah. Selain mudah dan menyenangkan, resep pindang patin ini dipastikan menghasilkan masakan rumahan keseharian jadi lebih istimewa.

Bicara soal resep pindang ikan tentunya ada bermacam-macam rasa yang akrab di sana. Masakan yang sesuaicocok untuk sarapan hingga makan malam ini tak jarang kali punya lokasi tersendiri di hati. Seporsi nasi hangat, tidak banyak berair karena kuahnya, kemudian padukan dengan berbagai variasi dimensi rasa dan tekstur di dalamnya. Ada rasa ikan segar yang baru dimasak, terdapat rasa kuah yang pedas manis, serta rasa asam yang mengasyikkan dari belimbing wuluh serta tomat.

Metode memasaknya-pun terbilang mudah. Karena pindang patin ini menggunakan jenis ikan yang istimewa, karenanya lumayan melumurkan dahulu perasan jeruk nipis supaya ikan lebih segar dan langsung olah bumbu-bumbu halus khas Indonesia. Paduan harmonis antara bawang, cabai, dan rempah lokal lantas dimasak hingga wangi dan matang. Selebihnya? Tambahkan air dan padukan bareng ikan, kecap manis, tomat, serta belimbing wuluh.

Tunggu sampai matang, sajikan, dan panggil seisi rumah. Saya jamin seisi rice cooker bakal langsung habis beserta hidangan pindang patin guna hari itu. Hati senang, senyum terkembang, dan rasa lapar-pun hilang. Semua karena kuliner istimewa khas Palembang yang satu ini.

BAHAN

1 ekor ikan patin
1 batang serai, geprek
1 eksemplar daun salam
4 eksemplar daun jeruk
2 cm jahe, geprek
2 cm lengkuas, geprek
5 cabai rawit merah
2 sdm kecap manis
1 ikat daun kemangi
1 L Air
Garam
Gula
Merica bubuk
Minyak guna menumis
Bawang goreng guna taburan
Bumbu halus:
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
5 cm kunyit bakar
Air secukupnya

INSTRUKSI


  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit dengan tidak banyak air.
  2. Panaskan minyak, tumis serai, jahe, lengkuas, daun jeruk dan daun salam lalu, aduk sebentar        kemudian tambahkan bumbu halus, tumis sampai wangi. Sisihkan.
  3. Pada panci yang bertolak belakang masukkan air, tumisan bumbu, ikan, kecap manis, merica, garam dan gula.
  4. Rebus sampai ikan matang atau berubah warna.
  5. Tambahkan cabai rawit utuh dan daun kemangi. Tutup panci kemudian masak sekitar 10 menit hingga bumbu meresap.
  6. Pindang Ikan siap disajikan. Beri taburan bawang goreng bila ingin.

0 komentar "RESEP PINDANG IKAN PATIN TERLEZAT! SKUY KEPOIN!!!", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar